Monday, December 10, 2012

ACARA PENGUBURAN (Alm) Pdt. MAKDIN KALAM PANJAITAN

ACARA PENGUBURAN (Alm) Pdt. MAKDIN KALAM PANJAITAN (Op. Sonang Doli)
SIANJUR-SIBORONGBORONG, 10 DESEMBER 2012

Sianjur-Siborongborong, 10 Desember 2012.

Huria Kristen Indonesia (HKI) kembali kehilangan salah satu pelayannya, yaitu Pdt. Makdin Kalam Panjaitan, yang telah meninggal dunia pada hari Jumat, 7 Desember 2012. Pdt.MK.Panjaitan baru saja memasuki masa pensiun sekitar pertengahan Tahun 2012 ini. Hanya sesaat beliau menikmati masa pensiunnya di rumah yang baru saja selesai dibangun di Sianjur Siborongborong kira-kira 3 bulan yang lampau. Namun rancangan dan rencana manusia khususnya keluarga besar yang ditinggalkan bukanlah seperti yang Tuhan telah rancangkan atas Hamba-Nya tersebut. Pada usia yang ke-65, Tuhan telah memanggil Hamba-Nya tersebut untuk bersama-sama dengan Dia di Kerajaan Sorga.

Pelayanan terakhir Amang Pdt. M.K. Panjaitan di HKI Resort Tarutung Utara Daerah II Silindung-Pangaribuan. Dan pada hari Senin, 10 Desember 2012, bertempat di Desa Sianjur Siborongborong yang merupakan bona pasogit amang mendiang, dilaksanakan Acara Partuaon Saur Matua / Penguburan.

Setelah acara adat selesai, maka acara selanjutnya diserahkan kepada Huria HKI. Seyogianya, mendiang akan dibawa ke Gereja HKI Sianjur Resort Siborongborong Kota, namun berhubung situasi jarak dan kondisi jalan yang sangat becek berlumpur, maka acara Huria diadakan di halaman rumah mendiang yang telah disepakati bersama oleh pihak keluarga/hasuhuton bolon.
Pucuk Pimpinan HKI, Pdt. Dr. L. Sitorus, MTh (Ephorus), dan Pdt. MP. Hutabarat, STh, MM (Sekjend HKI), memimpin acara Huria pada saat acara penguburan almarhum.
Turut hadir di acara penguburan tersebut : Pdt. Naomi br Simarmata, MTh (Ka.Dept. Diakonia HKI), Pdt.L.O. Siregar, STh (Praeses HKI Daerah IX Humbang-Hasundutan), Pdt. S.Situmorang, STh (Praeses HKI Daerah II Silindung-Pangaribuan), St.Ir.Arifin Lumbantobing (BPK Pusat HKI), Pdt.Adventus Nadapdap, STh (Pendeta Resort Siborongborong Kota), dan  Pendeta Resort dari Daerah IX Humbang-Hasundutan, diantaranya : Pdt. Saidon Ambarita, STh, Pdt. Anggiat Siregar, STh, Pdt. Likson Simanjuntak, STh dan (Vic) Pdt. Radean Lumbantobing, SSi (Theol) beserta para Penatua disekitaran Siborongborong. Juga hadir Pendeta Resort dari Daerah II S.P, diantaranya : Pdt. Charles M.E. Siregar, STh, Pdt. L. Simamora, STh, Pdt. D. Panjaitan, STh, Pdt. T. Hasibuan, dan Pdt. G. Tampubolon, STh, serta para Penatua dari Resort Tarutung Utara dan PNB dari HKI Tarutung Kota.

Walupun hujan turun begitu lebat setelah usai acara makan, tidak menyurutkan para pelayan untuk tetap mengikuti acara adat yang telah diatur protokol. Puji TUHAN ! Saat acara Huria, hujan pun berhenti yang menyisakan genangan air dan kondisi halaman yang becek. Namun PP HKI, seluruh Pendeta Resort yang hadir, Penatua, dan Warga Jemaat HKI Sianjur tetap dengan hikmad mengikuti acara Huria yang dipandu oleh Pdt. M.P. Hutabarat, STh, MM, Pdt. L.O. Siregar, STh, dan Pendeta Resort HKI Siborongborong Kota, Pdt. Adventus Nadapdap, STh. Riwayat hidup pelayanan mendiang dibacakan oleh Praeses Daerah II S.P, dan kata-kata penghiburan oleh Pdt.Naomi br Simarmata, MTh. Dan pembacaan Firman Tuhan oleh para Pendeta HKI yang hadir. Kemudian, acara di udean dipimpin oleh Amang Ephorus HKI, Pdt. Dr. L. Sitorus, MTh, dan yang membawakan nyanyian adalah Praeses HKI Daerah IX HumbangHas.

Kiranya Tuhan Yesus menghibur dan senantiasa memberikan kesehatan dan kekuatan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan, khususnya lepada Inang Pendeta br. Pakpahan (Op. Sonang Boru).
Selamat Jalan Amang !!! 

Berita Dalam Gambar :




















































No comments: